Makna Motif Batik Gurda Yogyakarta dan Filosofinya

Pangesti PNG

Motif Batik Gurda adalah salah satu motif batik yang cukup populer dan memiliki makna khusus dalam budaya Indonesia khususnya di Yogyakarta. Motif Batik Gurda digambarkan dengan sosok burung Garuda dengan sayap terbuka.

Filosofi Motif Batik Gurda:

  1. Kemuliaan dan Kebesaran: Garuda dalam mitologi Hindu dianggap sebagai makhluk yang mulia dan besar. Dalam konteks motif batik, kehadiran Garuda dapat mencerminkan kemuliaan dan kebesaran, serta simbol kekuatan dan keagungan.
  2. Kemasyuran dan Kebebasan: Sayap terbuka Garuda pada motif batik bisa diartikan sebagai simbol kemasyuran dan kebebasan. Karena Garuda dianggap sebagai makhluk yang mampu terbang tinggi di langit.
  3. Keseimbangan dan Harmoni: Garuda sering dikaitkan dengan konsep keseimbangan dan harmoni. Kombinasi sayap, tubuh, dan ekor Garuda dapat menciptakan desain yang seimbang, mencerminkan keharmonisan dalam kehidupan.

Perbedaan Motif Batik Gurda Yogyakarta dengan Daerah Lain

Motif Batik Gurda di setiap masing-masing daerah mempunyai bentuk bervariatif yang dipengaruhi oleh budaya lokal, tradisi, atau kepercayaan di setiap daerah. Motif ini bisa mencerminkan nilai-nilai tertentu di setiap daerah.

Seperti Batik Gurda di daerah Yogyakarta dan Surakarta mempunyai bentuk runcing
lengkap dengan dua sayap dan ekor, seperti bentuk merak saat bulunya berdiri pada
bagian depan, dan mempunyai susunan dua sayap dan satu sayap.

Namun, terdapat perbedaan yang mencolok dengan Batik Durga dari Jawa Barat seperti Garut, Tasikmalaya dimana motif gurda berbentuk lar dengan sayap berbentuk daun dan pada bagian pangkalnya terdapat sulur yang melengkung membentuk spiral.

Di jaman dahulu Motif Batik Gurda Yogyakarta memiliki fungsi sosial yaitu dalam penggunaannya hanya diperbolehkan untuk raja, putra mahkota, dan kaum bangsawan.

Seperti bentuk batik gurda berupa motif sawat dengan ukuran besar hanya diperbolehkan dikenakan oleh raja saja. Sedangkan mereka yang bukan dari golongan bangsawan menggunakan motif batik Yogyakarta lainnya.

Kamu bisa membawa pulang keindahan tradisi dengan batik kami. Beli sekarang dan rasakan pesona keindahannya.

Artikel Lainnya

Bagikan:

Pangesti PNG

Seorang Copywriter, Graphic Designer dan Brand Consulting.

Leave a Comment