7 Fakta Menarik Tentang Batik Indonesia

Pangesti PNG

Siapa yang tidak kenal batik Indonesia? Dengan kekayaan motifnya dan sejarah yang dimilikinya, batik Indonesia tetap menjadi salah satu seni tekstil paling terkenal dan di dunia.

Batik sendiri merupakan bentuk seni yang sangat kreatif dan ekspresif. Pembuat batik memiliki kebebasan untuk menciptakan pola dan motif yang beragam, dari tradisional hingga modern. Nah, berikut ini adalah 7 fakta menarik tentang batik Indonesia.

7 Fakta Menarik Tentang Batik Indonesia

1.Warisan Budaya UNESCO

Pada 2009, Batik Indonesia diakui sebagai Warisan Budaya Tak Benda Manusia oleh UNESCO. Pengakuan ini menegaskan nilai budaya dan sejarah yang penting dari seni batik Indonesia.

2. Batik Sebagai “Uang”

Pada masa lalu, batik digunakan sebagai alat tukar, karena pada masa lalu belum adanya “uang: seperti masa sekarang. Masyarakat Indonesia masih menganut sistem barter untuk bertransaksi.

3. Batik Melambangkan Status Sosial

Pada masa lalu, batik hanya digunakan oleh orang-orang yang berada di sekitar kerajaan saja. Dan fakta menariknya setiap kain batik memiliki motif yang melambangkan status sosial yang berbeda-beda.

4. Batik Bukanlah Benda, Melainkan Proses

Batik merupakan sebuah proses kreatif yang melibatkan langkah-langkah seperti menutupi bagian kain tertentu dengan lilin, mewarnai kain dengan pewarna, dan menghilangkan lilin untuk menghasilkan motif yang diinginkan.

5. Batik Sudah Ada Sejak Abad ke-13

Ada banyak versi kapan batik sudah menjadi budaya di Indonesia, namun yang paling akurat batik sudah ada sejak zaman Majapahit. Hal ini karena ditemukannya motif batik dalam arca-arca peninggalan Majapahit.

6.Batik Tidak Hanya di Jawa

Faktanya hampir di setiap provinsi Indonesia memiliki kain batik yang khas, contohnya seperti provinsi Aceh, memiliki batik bernama Bungong Juempa dan Batik Wakatobi dari Sulawesi Tenggara.

7.Termasuk Kain Termahal Di Dunia

Proses membatik manual membutuhkan waktu bulan hingga bertahun-tahun lamannya, ini membuat kain batik menjadi mahal. Salah satu batik termahal yaitu batik “kain tiga negeri”, batik ini melewati proses perwarnaan di tiga kota yaitu “Solo, Pekalongan dan Lasem”.

Itu tadi beberapa fakta menarik tentang batik Indonesia yang mencerminkan kekayaan budaya dan warisan seni yang luar biasa.

Jika Anda ingin memiliki pakaian motif batik? Yuk, kunjungi katalog Prabuseno dan miliki koleksi batik terbarunya!

Artikel Lainnya

Bagikan:

Pangesti PNG

Seorang Copywriter, Graphic Designer dan Brand Consulting.

Leave a Comment