3 Motif Batik yang Cocok dan Keren untuk Anak-anak

Pangesti PNG

Batik, seni tradisional Indonesia yang telah diakui oleh UNESCO sebagai Warisan Budaya Takbenda, kini tidak hanya digemari oleh orang dewasa, tetapi juga oleh anak-anak. Terdapat beberapa ragam motif batik di Indonesia.

Pemilihan motif batik yang tepat untuk anak-anak sangat penting untuk memastikan mereka merasa nyaman dan senang mengenakan pakaian tersebut. Beberapa motif batik tradisional cocok untuk dikenakan anak-anak.

3 Motif Batik yang Cocok untuk Anak-anak

Setip motif batik mengandung makna dan harapan, berikut ini adalah 3 motif batik yang cocok untuk anak-anak:

1.Batik Sidomukti

Batik Sidomukti merupakan salah satu jenis batik tradisional yang berasal dari kota Solo, Jawa Tengah. Nama “Sidomukti” berasal dari dua kata Jawa, yaitu “Sido” yang berarti terus-menerus atau berkelanjutan, dan “Mukti” yang berarti mulia atau sejahtera.

Secara harfiah, Sidomukti dapat diartikan sebagai harapan untuk mencapai kehidupan yang mulia dan sejahtera secara berkelanjutan. Selain cocok untuk anak-anak, biasanya batik ini digunakan untuk acara 7 bulanan.

2.Batik Wahyu Tumurun

Batik Wahyu Tumurun adalah salah satu motif batik klasik yang berasal dari Kesultanan Yogyakarta. Nama “Wahyu Tumurun” terdiri dari dua kata dalam bahasa Jawa: “Wahyu” yang berarti anugerah atau berkah dari Tuhan, dan “Tumurun” yang berarti turun.

Secara keseluruhan, Wahyu Tumurun berarti turunnya anugerah atau berkah dari Tuhan. Motif ini sering kali dianggap sakral dan penuh makna mendalam. Dengan harapan pengguna di masa depan mendapatkan karier yang bagus.

3.Batik Udan Liris

Batik Udan Liris adalah salah satu motif batik tradisional yang berasal dari Jawa Tengah, terutama dari daerah Solo dan Yogyakarta. Nama “Udan Liris” dalam bahasa Jawa berarti “hujan gerimis”.

Motif ini menggambarkan tetesan hujan yang jatuh dengan lembut, menciptakan pola yang indah dan penuh makna. Motif ini menyejukan hati orang yang mengenakannya.

Hujan dianggap sebagai simbol kesuburan dan berkah bagi kehidupan, sehingga motif ini juga melambangkan harapan untuk kesejahteraan dan kemakmuran.

Selain menarik, motif-motif ini juga dapat mengajarkan anak-anak tentang keindahan seni batik dan budaya Indonesia sejak dini. Dengan begitu, mereka akan tumbuh dengan rasa cinta dan kebanggaan terhadap warisan budaya mereka.

Ingin memiliki pakaian motif batik sebagai bentuk ikut melestarikan budaya?Yuk, kunjungi katalog Prabuseno dan miliki koleksi batik terbarunya!

Artikel Lainnya

Bagikan:

Pangesti PNG

Seorang Copywriter, Graphic Designer dan Brand Consulting.

Leave a Comment