4 Motif Batik Tutur Blitar Berserta Maknanya

Pangesti PNG

Motif batik Awu Nanas Koleksi Dewan Kesenian Kab.Blitar (Foto: Rahmanto Adi, Desember 2016).

Batik merupakan warisan budaya Indonesia yang kaya akan makna dan keindahan. Salah satu varian yang patut disoroti adalah Batik Blitar, sebuah karya seni tradisional yang mencerminkan kekayaan budaya kota ini.

Prestasi Batik Blitar tidak hanya di tingkat lokal. Tetapi sudah mencapai internasional, seperti pada tahun 2022 salah satu pembasket dunia Justin Holiday menggunakan Batik Blitar dan mempostingnya di akun Instagram pribadi miliknya.

Sumber foto Instagram Justin Holiday

Adanya Batik Blitar ke ajang intenasional telah menjadi wujud apresiasi terhadap keindahan dan keunikan batik sebagai bagian dari kekayaan budaya Indonesia.

Lalu apa saja motif batik tutur Blitar? Berikut penjelasnnya.

4 Motif Batik Tutur Blitar

Batik Tutur Blitar dikenal dengan motif-motif yang mencerminkan kehidupan sehari-hari, alam, dan kepercayaan lokal. Warna-warna yang dipilih juga memiliki makna simbolis, menciptakan harmoni yang memesona dalam setiap karya.

1.Motif Batik Tutur Awu Nanas

Motif Batik Tutur Awu Nanas, terdiri dari motif utama seperti gambar gajah, burung, dan juga macan. Sedangkan untuk motif selingan biasanya berupa tumbuh-tumbuhan seperti bunga, dan juga suket teki.

Untuk makna yang terkandung di motif Batik Tutur Awu Nanas adalah sebagai seorang manusia, haruslah pandai dalam memahami gejala alam.

2.Motif Batik Tutur Celeret Dubang

Motif Batik Tutur Celeret Dubang, terdiri dari motif utama seperti gambar kuda, burung emprit, dan juga gajah. Dan untuk motif selingan biasanya berupa bunga melati, bunga turi, sedangkan untuk motif isian berupa garis-garis lurus.

Untuk makna yang terkandung di motif Batik Tutur Celeret Dubang adalah sebagai tanda orang besar dan makmur (sentosa). Jika jadi pemimpin hendaklah selalu berbuat baik, jangan pernah membuat rakyat kecil susah.

3.Motif Batik Tutur Gambir Sepuh

Motif Batik Tutur Gambir Sepuh terdiri dari motif utama seperti gambar kuda, naga, burung, dan api. Sedangkan untuk motif selingan biasanya berupa bunga melati, bunga dadap, dan rambatan.

Koleksi Dewan Kesenian Kab.Blitar (Foto: Rahmanto Adi, Desember 2016)

Makna Batik Tutur Gambir Sepuh adalah semua pekerjaan dan cita-cita luhur harus bisa
menjaga perasaan antar sesama, supaya bisa kuat dan membuat makmur (sentosa).

Serta menjadi orang tua, guru, dan orang yang lebih tua dalam pengalaman, harus bisa jadi
contoh teladan bagi anak-anaknya, agar kelak bisa menjadi anak yang berguna.

4.Motif Batik Jalu Watu

Motif Batik Jalu Watu terdiri dari motif utama seperti gambar bunga melati, bunga rambatan dan burung emprit. Sedangkan untuk motif selingan biasanya berupa suket teki, bunga dadap, dan bunga turi.

Makna Motif Batik Jalu Watu adalah orang yang terlihat miskin ternyata kaya harta dan memiliki sopan santun, semua tindakan dan pemikirannya mampu mewujudkan kepintaraan yang sejati. Sebagai pengingat kita agar tidak menyombongkan diri.

Nah itulah 4 ragam motif Batik Tutur Blitar berserta maknanya. Ingin memiliki pakaian motif batik?Yuk, kunjungi katalog Prabuseno dan miliki koleksi batik terbarunya!

Artikel Lainnya

Bagikan:

Pangesti PNG

Seorang Copywriter, Graphic Designer dan Brand Consulting.

Leave a Comment