5 Motif Batik Khas Banyuwangi

Pangesti PNG

sumber foto : Tribunnews

Banyuwangi, sebuah kota yang terletak di Jawa Timur, tidak hanya dikenal karena keindahan alamnya yang memukau, tetapi juga karena kekayaan budaya yang terpancar dalam seni tradisional seperti batik.

Batik Banyuwangi memiliki daya tariknya sendiri dengan motif-motif yang mencerminkan kehidupan sehari-hari, alam, dan warisan budaya yang kaya di wilayah ini.

Mari kita mengenal lebih dalam ke dalam keindahan dan kearifan lokal yang terkandung dalam batik khas Banyuwangi.

Berikut 5 Motif Batik Banyuwangi

Dengan motif-motif yang khas batik Banyuwangi mengajak kita untuk mengenali dan menghargai keindahan alam serta kearifan lokal. Berikut 5 motif batik Banyuwangi:

1.Motif Gajah Oling

Motif Gajah Oling merupakan motif batik tertua di Banyuwangi. Motif ini memiliki makna untuk mengingatkan kita kepada Tuhan yang Maha Besar. Yang diambil dari kata “Gajah” yang bermakna besar, sedangkan “Oling” bermakna “Mengingat”.

Motif Batik Oling sendiri sudah dijadikan seragam pemerintah Banyuwangi dan bahkan sudah go internasional.

2.Batik Paras Gempal

Batik Paras Gempal merupakan salah satu batik populer di Banyuwangi. Motif Paras Gempal memiliki makna sekeras-kerasnya hati manusia pasti bisa diluluhkan dengan kasih sayang.

3. Batik Kangkung Setingkes

Batik Kangkung Setingkes adalah motif batik yang unik dengan menyematkan gambar kangkung. Sayuran ini bukan hanya bahan masakan lokal tetapi juga menjadi inspirasi seni dalam batik.

Motif Kangkung Setingkes memiliki makna tentang kesatuan yang beragam.

4. Batik Kopi Pecah

sumber foto Tribunnews

Batik Kopi Pecah mencerminkan kecintaan masyarakat Banyuwangi terhadap kopi. Dengan gambar biji kopi yang pecah dan elemen-elemen terkait, batik ini merayakan keanekaragaman kopi lokal.

Motif ini menjadi perwakilan visual yang unik dan otentik dari budaya kopi yang kaya di Banyuwangi.

5.Batik Gedegan

Motif Batik Gedegan bermotif seperti anyaman bambu atau gedegan. Motif ini sangat simple yaitu hanya berupa garis-garis yang melintang. Namun terkadang dikombinasikan dengan gambar lain seperti bunga, dedaunan atau hewan.

Batik Banyuwangi masuk dalam kekayaan batik Jawa Timur. Batik Banyuwangi bukan hanya selembar kain indah, tetapi juga cerminan dari kehidupan dan kekayaan budaya sebuah daerah.

Sebuah karya seni yang tak hanya menyentuh mata, tetapi juga meresapi jiwa setiap helainya. Ingin memiliki pakaian batik dengan motif yang indah? Yuk, kunjungi katalog Prabuseno dan miliki koleksi batik terbarunya!

Artikel Lainnya

Bagikan:

Pangesti PNG

Seorang Copywriter, Graphic Designer dan Brand Consulting.

Leave a Comment