5 Motif Batik yang Dipercaya Membawa Rejeki

Pangesti PNG

Motif Banji

Batik adalah seni tradisional membuat kain yang dihasilkan melalui proses pewarnaan kain dengan menggunakan lilin untuk menahan warna pada bagian-bagian tertentu, sehingga menciptakan pola atau motif khas.

Tapi, tahukah kamu? Ada beberapa motif batik dipercaya sebagai pembawa rejeki dan keberuntungan. Bahkan motif-motif batik ini selalu digunakan untuk upacara pernikahan atau upacara adat di kerajaan Majapahit pada abad 12-14.

Berikut 5 motif batik yang dianggap membawa rejeki atau dihubungkan dengan simbol keberuntungan:

1.Batik Motif Ceplok Grompol

Motif Ceplok Grompol merupakan motif batik seperti telur ceplok dengan kombinasi simbol bintang yang selalu dipercaya masyarakat pulau Jawa sebagai simbol keberuntungan.

2.Motif Tangkawang Ampiek

Motif batik ini berasal dari Kalimantan dengan motif tumbuhan khas Kalimantan. Motif sering kali dianggap sebagai representasi dari kehidupan yang berlimpah dan harmonis dengan alam.

3. Motif Truntum

Motif batik truntum melambangkan kasih sayang, keharmonisan, dan persatuan. Motif ini sering dipilih untuk pakaian pernikahan sebagai simbol kebahagiaan dan kesuksesan dalam sebuah hubungan.

4.Motif Gedhong Kembang Waluh

Motif batik ini sudah ada sejak jaman kerajaan Majapahit pada abad 12-14. Biasanya motif Gedhong Kembang Waluh digunakan sebagai selendang dalam upacara pernikahan. Karena motif ini dipercaya bisa membawa rejeki dan keberuntungan.

5. Motif Banji

Sumber : Pinterest

Motif ini berasal dari Jawa Barat yang diadaptasi dari budaya India, fakta menariknya kata “banji” sendiri merupakan kata dari bahasa Cina “Banzi” yang berarti sepuluh ribu.

Motif Banji menurut masyarakat Jawa Barat selalu dikaitkan dengan makna kekayaan. Sehingga sering digunakan untuk upacara pernikahan.

Tingkatkan penampilan Anda dengan sentuhan klasik batik Parbuseno. Segera miliki koleksi kami!

Artikel Lainnya

Bagikan:

Pangesti PNG

Seorang Copywriter, Graphic Designer dan Brand Consulting.

Leave a Comment