Batik Lukis

Khoirul Hudah

Batik adalah kain lukis dengan tepi dan lilin cair, menciptakan gambar nilai seni tinggi pada kain Mori. Batik berasal dari bahasa Jawa amba dan tik yang artinya menulis titik. Dahulu bernama Ambatik. Pada tahun , dari pengertian tersebut mulai dikenal batik tulis yang dilukis dengan kemiringan. 

Namun pada kenyataannya, batik dibuat dengan berbagai macam cara, tidak hanya sekedar edging. Ambatik mengacu pada teknik dot painting yang rumit. Ada definisi lain yang mengatakan bahwa kata batik sebenarnya berasal dari kata titik yang kemudian ditambahkan kata mba menjadi mbatik. 

Jadi, membatik adalah seni membuat titik atau tetes. Dengan kata lain, batik adalah cara pembuatan pakaian.

Pengertian Batik Lukis

Batik Lukis adalah batik yang dihasilkan dari teknik melukis di atas kain menggunakan kuas atau canting tanpa menggunakan suatu pakem tertentu. Batik yang dihasilkan memiliki corak dan warna yang bebas, tidak terikat seperti model batik tradisional.

Pembuatan batik Lukis ini memakan waktu yang lebih lama, karena selain ketelitian dan ketekunan, diperlukan juga kreativitas dari pembuatnya. Oleh karena itu, harga batik Lukis ini memiliki harga yang lebih tinggi dibandingkan jenis batik lainnya.

Perkembangan Batik Lukis

Batik tulis diperkirakan telah ada di Indonesia sejak abad ke-13, khususnya pada masa kerajaan Majapahit masih ada di wilayah Jawa Timur pada tahun 1293-1527. Beberapa sejarawan mengklaim bahwa Kerajaan Majapahit adalah salah satu faktor utama yang mempopulerkan batik di Indonesia saat ini.

Jika Anda pernah menonton video tentang proses pembuatan ikat celup buatan tangan menggunakan alat tradisional, Anda mungkin pernah melihat proses pembuatan ikat celup tulisan. Karena bisa dibilang batik jenis ini paling terkenal baik kualitas maupun proses pembuatannya yang masih mengakar pada budaya Indonesia.

UNESCO sendiri mengakui batik tulis sebagai Situs Warisan Dunia di Indonesia. Ternyata batik juga bisa ditemukan di banyak negara lain seperti Cina, India, dan Mesir kuno.

Belum ada sumber pasti untuk menjawab batik Lukis berasal dari kota mana, namun batik Lukis ini dipopulerkan di kota Yogyakarta oleh para seniman para era tahun 1970-an seperti Ida Hadjar, Amri Yahya, dan sebagainya. Karya lukisan mereka dapat dilihat di koleksi Galeri Nasional Indonesia.

Kemunculan batik Lukis merubah kegunaan batik dari yang hanya dipakai untuk busana menjadi lebih bermuatan ekspresi. Fungsi ekspresi menjadi pembeda antara batik Lukis dan batik lainnya, sehingga batik yang dihasilkan memiliki karakter yang bebas. Lukisan batik unik dan khas akan tercipta dari imajinasi sang pelukis batik.

Teknik Batik Lukis

Lalu, bagaimana sih cara melukis batik ini? Cara melukis batik ini diawali dengan menyiapkan kain mori sebagai media untuk dilukis. Setelah itu pembatik akan mengoleskan pewarna kain dengan kuas, lalu melukiskan motif sesuai imajinasi pembatik di atas kain mori tersebut.

Keindahan motif yang dihasilkan dan kesatuan warna yang terbentuk tergantung dari masing-masing pelukis batik ini. Oleh karena itu, teknik ini membutuhkan jiwa seni yang tinggi. Namun bagi para pemula yang ingin belajar, kalian bisa mulai dengan membuat batik Lukis sederhana, dengan lukisan batik flora dan fauna, ataupun kumpulan objek sederhana lainnya.

Contoh Batik Lukis

Bahkan, di sepanjang Jalan Malioboro, Yogyakarta, kalian bisa melihat contoh batik lukis. Ada kemeja, celana panjang, jaket, blazer, syal, bahkan kain batik yang dicat. Pameran batik sering diadakan di berbagai lokasi di Yogyakarta, salah satunya menampilkan cara membuat batik lukis.

Salah satu ciri dari batik lukis ini adalah motifnya yang tidak seluruhnya motif batik. Hanya saja pola kain batik yang lebih dicat lebih umum. Misalnya pemandangan alam, binatang seperti kuda atau kucing atau bunga dan tumbuhan lainnya.Namun, skema warna yang digunakan menggunakan warna gelap, mirip dengan batik tertulis dan cetak.

Artikel Lainnya

Bagikan:

Khoirul Hudah

Seorang profesional dengan keahlian di bidang Hubungan Masyarakat, Penulisan Konten, Komunikasi Pemasaran, dan Spesialis Media Sosial.

Leave a Comment