Batik Motif Tambal Yogyakarta, Konon Bisa Menyembuhkan Orang Sakit

Pangesti PNG

Batik motif tambal memiliki makna menambal atau memperbaiki hal-hal yang rusak dalam kehidupan manusia. Batik motif Tambal memiliki ciri khas dengan motif bidang segitiga. 

Batik ini merupakan batik khas Yogyakarta. Berikut adalah penjelasan mengenai makna batik motif Tambal dan ciri khasnya:

batik tambal
Sumber foto Perpustakaan Digital Indonesia

Makna Batik Motif Tambal:

Keutuhan dan Kesatuan:

Motif Tambal seringkali mencerminkan makna keutuhan dan kesatuan. Pilihan motif tambal yang terdiri dari potongan-potongan kecil yang digabungkan menjadi satu menyimbolkan pentingnya menjaga keutuhan dan kesatuan dalam hidup.

Cerita Kehidupan:

Motif Tambal kadang-kadang juga diartikan sebagai cerminan dari kehidupan yang penuh liku dan keberagaman. Setiap motif merepresentasikan fase-fase berbeda dalam hidup meskipun berbeda, tetap membentuk keseluruhan yang harmonis.

Ciri Khas Batik Tambal

Motif Segitiga yang Tercipta dari bidang segi empat:

Ciri paling mencolok dari batik motif Tambal adalah motif bidang segitiga kecil yang berbentuk seperti “tambalan” yang disusun secara artistik.

Kombinasi Warna yang Beragam 

Batik Tambal seringkali menggunakan kombinasi warna yang beragam pada setiap motifnya. Hal ini menciptakan kontras dan keindahan visual yang memperkaya desain batik.

Selain motifnya yang cantik, batik motif tambal memiliki mitos yang menarik. Konon ceritanya batik motif tambal dipercaya dapat menyembuhkan orang sakit. Caranya dengan menyelimuti orang sakit dengan batik bermotif tambal.

Dengan, adanya perkembangan jaman, batik motif tambal tidak hanya digunakan sebagai selimut, tapi juga pakaian seperti kemeja, ataupun dress.

Jadi, apakah kamu tertarik memakainya? Untuk pembelian baju batik prabuseno bisa klik di sini.

Artikel Lainnya

Bagikan:

Pangesti PNG

Seorang Copywriter, Graphic Designer dan Brand Consulting.

Leave a Comment