Mengenal Sejarah Batik Hokokai, Batik Campuran Budaya Jepang

Pangesti PNG

Pengaruh seni Jepang dalam seni batik menciptakan perpaduan seni yang unik dan menarik. Gaya ini mencerminkan proses pertukaran budaya antara Jepang dan Indonesia pada masa itu.

Salah satu pengaruh seni Jepang dalam dunia batik dengan adanya batik Hokokai, batik ini memiliki keindahan yang dihasilkan dari perpaduan dua tradisi seni yang berbeda.

Batik Hokokai merupakan batik Jawa asal Pekalongan yang dibuat pada masa pendudukan Jepang. Batik ini juga sering disebut dengan nama batik Pagi-Sore.

Lalu, bagaimana batik hokokai ini terbentuk dan dapat diterima oleh masyarakat Indonesia? Berikut penjelasannya.

Sejarah Batik Hokokai

Saat penjajahan Jepang, pengrajin batik di Indonesia khususnya di Pekalongan kesulitan mendapatkan kain putih sebagai bahan baku batik. Dari sinilah muncul kain batik hokokai yang disebut kain pagi-sore karena memiliki desain dua sisi.

Dengan adanya desain dua sisi, pengguna batik tak perlu lagi membeli dua kain yang berbeda. Ciri-ciri pengaruh budaya Jepang pada batik hokokai dapat terlihat dari motifnya yang bergambar sakura.

Karena untuk berhemat kain mori, motif batik hokokai cenderung lebih kecil dibanding motif batik pada umumnya. Warna yang digunakan pun lebih cerah dan terdapat lima hingga enam warna yang tercampur.

Motif-Motif yang Terdapat di Dalam Batik Hokokai

Berikut adalah beberapa motif umum yang ditemukan dalam Batik Hokokai:

  1. Motif Bunga Sakura: Bunga sakura adalah simbol musim semi di Jepang, dan motif ini sering digunakan dalam Batik Hokokai untuk menambah unsur keindahan dan kemurnian.
  2. Motif Bunga Sakura: Meskipun motif kupu-kupu tidak memiliki makna khusus, orang Jepang sangat menyukai kupu-kupu.
  3. Motif Kawung/Lereng: Motif kawung adalah motif batik khas Jawa yang dipadukan dalam motif batik hokokai.

Batik Hokokai Identitas Batik untuk Orang Tidak Mampu

Dengan model batik hokokai yang memiliki motif dua sisi, pemakainya bisa lebih hemat biaya. Cukup dengan satu kain yang sama pemakai bisa memiliki dua motif yang berbeda.

Pada masa penjajahan Jepang, masyarakat banyak yang hidup dibawah garis kemiskinan, dalam berpakaian batik hokokai menjadi salah satu solusinya dikarenakan dengan menggunakan batik ini, pemakai tak perlu membeli pakaian baru untuk memberikan kesan ganti baju.

Namun, sekarang berbeda batik hokokai merupakan salah satu batik ekseklusif di Indonesia dengan kualitas dan bahan yang premium.

Jika Anda, ingin memiliki pakaian batik khas Indonesia? Yuk, kunjungi katalog Prabuseno dan miliki koleksi batik terbarunya!

Artikel Lainnya

Bagikan:

Pangesti PNG

Seorang Copywriter, Graphic Designer dan Brand Consulting.

Leave a Comment